Rabu, 04 Juli 2012

Kurikulum pendidikan dasar 9 tahun


Pendidikan dasar adalah bagian terpadu dari system pendidikan nasional. Pendidikan dasar merupakan pendidikan yang lamanya 9 tahun yang diselelnggarakan selama 6 tahun di SD, dan 3 tahun di SMP atau satuan pendidikan sederajad. Pendidikan dasar bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar pada siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai kehidupan pribadi, anggota masyarakat, wrga Negara dan aggota umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah.
Pendidikan dasar yang dilakukan di sekolah dasar, bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar”baca hitung”, pengetahuan dan ketrampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa yang sesuai dengan tingkat perkembangangnya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SLTP.
Pendidikan dsar di SLTP, bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar, yang merupakan perluasan serta peningkatan pengetahuandan ketrampilan yang diperoleh disekolah dasa, yang bermanfaat bagi siswa, untuk mengembangkan kehidupanya sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara sesuai dengan tingkat perkembangan serta mempersiapkan mereka mengikuti pendidikan menengah.
Isi kurikulum pendidikan dasar wajib memuat sekurang-kurangnya bahan kajian dan pelajaran tentang pendidikan pancasila, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, membaca dan menulis, matematika, sejarah nasional dan umum, kerajinan tangan dan kesenian, pendidikan jasmani dan kesehatan, menggambar serta bahasa inggris. Demikian sedikit selayang pandang tentang kurikulum pendidikan dasar 9 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar